Share it

Entri Populer

Rabu, Oktober 14, 2009

CARA MEMBUAT RAGI TAPAI

BAHAN YANG DI PERLUKAN : bawang putih 50gr , lada 50gr , cabe jamu 50gr , lengkuas 7,5gr , tepung ketan putih 1,5kg , gula 4 sendok , urea 2 sendok , npk 1 sendok , ragi 50gr dan air secukupnya .
CARA MEMBUAT :
(1) bawang putih,lada,cabe,lengkuas,urea,npk dan ragi di tumbuk/di giling.
(2) campurkan bumbu dan ragi yang sudah di giling dengan tepung ketan putih sampai merata .
(3) tambahkan air yang sudah di campur dengan gula , hingga menjadi adonan yang mudah di bentuk .
(4) bentuk adonan menjadi bulat-bulat pipih (diameter -+3cm) .
(5) letakan pada tampah bambu/nyiru yang telah di alasi daun pisang atau plastik .
(6) tutup dengan daun pisang/lembar plastik .
(7) simpan di tempat teduh agar tumbuh jamur -+2 hari .
(8) jemur hingga kering di bawah sinar matahari -+2-5 hari .
(9) kemas dalam plastik lalu simpan di tempat kering .
Nah sekarang udah selesai penjelasan saya tentang CARA MEMBUAT RAGI TAPAI kalau ada yang kurang jelas bisa kirim ke email saya dan selamat mencoba smoga berhasil . Tank . .

28 komentar:

  1. ikuti an jadi follower juga di
    http://greendom-afc.blogspot.com
    http://blink186-evo.blogspot.com
    http://blink186.wordpress.com

    BalasHapus
  2. mengapa pakai cabai?, apa nantinya jadi pedas?
    terima kasih

    BalasHapus
  3. Maksudku cabe jamu bukan cabai atau lombok . . . .

    BalasHapus
  4. oh ya mas kalau dlm sekala besar gi mana.berapa banyak bahan yg di pakai dan bibit ragi beli nya di toko kimia ya

    BalasHapus
  5. Kalau mau memproduksi dalam jumlah besar ya tinggal mengkalikan aja jumlah bahan bahanya . Misalnya kalau tepungnya 10 kalilipat dari ukuran yg saya sebutkan diatas , maka bahan bahan yg lain ukuranya juga harus 10 kalilipat . Kalau ragi tapai di toko penjual sembako biasanya ada atau di pasar juga banyak orang jual ragi tapai . .

    BalasHapus
  6. Saya mau minta no hp nya boleh gak? Mau nanya langsung cara dan bahan buat ragi?bls ya di emailku saifulmuhaimin@gmail.com trims

    BalasHapus
  7. mau tanya ne.
    kok bahan2nya pke urea dan npk ya? itu kan pupuk tanaman, masa' dibuat ragi n' dimakan? fungsinya apa?
    trima kasih

    BalasHapus
  8. tidak pake urea dan npk juga tidak apa-apa , gunanya hanya untuk makanan tambahan bakteri ragi . .

    BalasHapus
  9. tolong di jelaskan cabe jamu belinnya dimana ya? apa dikedai jamu atau di apotik ya

    BalasHapus
  10. penjual bumbu di pasar biasanya ada jual cabe jamu, lada, jahe dll......

    BalasHapus
  11. mau tanya nih..
    Diatas adalah cara membuat ragi tp kenapa harus pakai ragi lagi? lantas fungsi ragi itu sendiri untuk apa? trims sebelumnya

    BalasHapus
  12. penambahan ragi berfungsi sebagai bibit bakteri untuk di biakan dalam bahan-bahan tersebut di atas. karna sebenarnya kandungan ragi itu adalah bakteri fermentasi .

    BalasHapus
  13. hai... boleh saya numpang nanya? hmm. Npk itu apaan ya?? sama tepung ketan putih??? dan jugak urea? mohon di balas. makasich...

    BalasHapus
  14. npk & urea = pupuk.
    tepung ketan putih = tepung beras ketan yang putih.

    catatan; untuk npk & urea gunanya hanya untuk makanan tambahan bakteri fermentasi .. jadi tidak pakai npk & urea tetap bisa jadi ragi .

    BalasHapus
  15. helloo.. apa cabe jamu dalam bhasa malaysia? dan lengkuas itu, 7.5 kilogram atau 75 gram?? thankyou

    BalasHapus
  16. maaf,...saya tidak mengerti bahasa malaysia, jadi.... soal cabe jamu dalam bahasa malaysia, saya tidak tahu.
    untuk lengkuasnya 7½ gr. tank ...

    BalasHapus
  17. kalau tidak pakai urea sama npk lamanya tumbuh jamur tetap sama?atau lebih lama?

    BalasHapus
  18. Maaf mengapa pake tepung ketan..kalau pakai tepung beras bagaimana..?
    Apakah hasilnya sama atau berbeda..terima kasih

    BalasHapus
  19. aneh ya pak. urea kok boleh dimakan. apa bener ni pak. tq

    BalasHapus
  20. kalau pakai tepung beras gk tau y , gk pernah coba soalnya . kalau urea gunanya hanya untuk makanan bakteri, gk pakai jg gk apa² .. ..

    BalasHapus
  21. Maaf nk tanya...Urea itu apa dia, pupuk itu apa,npk itu apa... urea dengan npk ble guna pada ramuan ragi tempe tak? kasi tahan lama... bole guna tak...?

    BalasHapus
  22. Ass...Mas bleh mnta no hp,saya mau tanya langsung.(izahanpdo@yahoo.com)trmksh.

    BalasHapus
  23. Untuk Orang Malaya..cara buat ragi paling senang dan pasti menjadi:
    Tumbuk 1 kilo beras jadikan tepung atau terus beli 1 kilo tepung beras. Beli ragi sama penjual diipasar tani...setiap 1 kilo tepung beras + 3 biji ragi.
    Tujuan utama ialah untuk pencambahan ragi beli supaya selepas ini tak perlu langsung beli dari sesiapa dan sumber berterusan sampai anda bosan dan buang terus!
    Tumbuk ragi dan campur pada tepung yang sudah diuli dengan air bersih seperti doh..gaul rata dan gentel jadikan bulat leper.Simpan atas daun pisang atas dulang buluh atau plastik dan tutup dengan daun pisang atau plastik sampai nampak cendawan tumbuh halus rata keseluruhan setiap bulatan ragi tadi.Bila sudah pasti jemur dimatahari pagi sebelum terik atau keringkan dengan pengudaraan dibilik tanpa jemur...SIAP!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohhh gitu..mahu try nieh!mudah rasanya nih! terimas pak!

      Hapus
    2. saya orang melayu thailand , "tumbuk 1 kilo beras" saya nak tanya , beras apa ? beras pulok ke atau beras jemah ?

      Hapus
    3. saya juga ingin tahu , tepung beras pulut ke atau beras jemah ?

      Hapus
  24. cara yang di sampaikan anonim di atas juga bisa , cara membuat ragi di setiap daerah berbeda - beda , meskipun sebenarnya secara keseluruhan intinya sama , yaitu : membiakkan bakteri fermentasi dengan menggunakan media tepung ..

    BalasHapus